«

"Toyland", Pemenang Oscar Tampil di Oscar 2015

»

Toyland, film pendek asal Jerman telah memenangkan Oscar pada tahun 2009. Berkisah tentang kejinya Holocaust. Toyland. Itulah jawaban Marianne (Julia Jager) kepada anaknya, Heinrich (Cedric Eich), saat bertanya tentang ke mana keluarga Silberstein yang jadi tetangganya bakal pergi. Karena jawaban itu pula, Heinrich mau ikut keluarga berdarah Yahudi tersebut. Soalnya, David, anak lelaki satu-satunya di keluarga Silberstein, merupakan teman dekat Heinrich.

Kenyataan kejam yang tidak diketahui Heinrich adalah Toyland sejatinya tak ada. Toyland adalah kata halus untuk menggantikan kamp konsentrasi, tempat yang dituju para Yahudi atas titah pemerintah Nazi.

Film pendek asal Jerman, Toyland (Spielzeugland), karya sutradara Jochen Alexander Freydank ini berkisah tentang proses Holocaust terhadap bangsa Yahudi ketika Perang Dunia II. Namun, Toyland memilih untuk tidak menyuguhkan kekejaman tentara Nazi dan seramnya kamp konsentrasi. Toh, meski begitu, film yang telah memenangkan Oscar sebagai Film Pendek Terbaik tahun 2009 ini tetap memilukan dan memberikan gambaran kekejaman tentara Nazi terhadap orang-orang Yahudi.

Jochen Alexander Freydank menulis skenario film Toyland bersama Johann A. Bunners. Dari hasil akhirnya, jelas terlihat bahwa Freydank piawai dalam pengadegan dan mengatur tensi dramatik. Cara yang ia tempuh sebenarnya tak baru, yakni dengan menyelipkan beberapa adegan flashback. Namun penempatan adegan-adegan itu ditaruh pada tempat yang tepat dengan penyuntingan yang rapih dan seolah tak terpisahkan antara satu adegan ke adegan lainnya. Barulah saat mendekati ujung cerita, Freydank mampu memperlihatkan puncak dramatiknya. Narasi Toyland pun jadi terlihat padat.

Untuk menyambut perhelatan Academy Awards pada 23 Februari nanti, mari tonton film pendek Toyland pemenang Oscar tahun 2009 ini.


Trailer

Keyword: piala oscar, piala oscar 2015, academy awards, cedric eich, jochen alexander freydank, johann a. bunners, julia jager, pemenang piala oscar, toyland




Komentar