«

Selamat Jalan Alex Komang

»

Alex Komang yang bernama asli SaifinNuha ini meninggal dunia setelah mengalami masa kritis terkait dengan kondisi kesehatannya. Alex Komang meninggal di RSUP dr. Kariadi, Semarang, pada 13 Februari pukul 20.00 WIB. Rencananya, Alex Komang akan dimakamkan di kota kelahirannya, Jepara.

Alex sebelumnya memang dikabarkan tengah menjalani pengobatan di daerah Salatiga, Jawa Tengah. Melaluiakun Twitter-nya, @AlexKomang2000, Alex sempat menyapa pada 24 Januari 2015 lalu dengan menuliskan "Selamat pagi Salatiga, Selamat Pagi Indonesia. Saya berbahagia bersamamu".

Twit ini sempat direspons oleh beberapa sahabat dan kerabat Alex, di antaranya menyampaikan dukungan dan harapan agar Alex segera sembuh, sekaligus menanyakan perihal dirinya di Salatiga. Alex menjawab dengan kalimat, "Sdg cari obat di sini". Salah satu kicauan juga disampaikan dosen filsafat Universitas Indonesia dan IKJ, Tommy F. Awuy melalui akun @tommyfawuy mentwit dengan kalimat, "Terus berjuang, bro!" yang dijawab ucapan terima kasih oleh almarhum Alex Komang.

Pria kelahiran 17 September tahun 1961 ini telah membintangi banyak film terbaik Indonesia, seperti Doea Tanda Mata (1985), Secangkir Kopi Pahit (1985), Ibunda (1986), Ca Bau Kan (2002), Laskar Pelangi (2008), 9 Summers 10 Autumns (2013), dan Sebelum Pagi Terulang Kembali (2014). Produksi film terakhir yang melibatkannya adalah memerankan Hasan Ali Surati di film "Guru Bangsa: Tjokroaminoto" garapan Garin Nugroho, yang akan tayang April tahun ini.

Kiprah Alex di dunia perfilman tidak sebatas sebagaiaktor.Alex Komang jugamenulis skenario. Karyanya yang paling menonjol adalah skenario di film Doea Tanda Mata yang menjadi unggulan FFI di tahun 1985. Alex Komang juga terpilih sebagai ketua BPI (Badan Perfilman Indonesia) untuk periode 2014-2017, sebelum posisinya digantikan Kemala Atmojo di bulan Januari lalu.


Keyword: 9 summers 10 autumns, doea tanda mata, hasan ali surati, ibudanda, ibunda, kemala atmojo, saifinnuha, secangkir kopi pahit, tommy f. awuy




Komentar