«

Film Garapan Riri Riza "Sokola Rimba" Sukses Menyentuh Warga New York

»

Film garapan sutradara Riri Riza, "Sokola Rimba" sukses menyentuh hati penonton di New York, AS. Pada Sabtu (14/2/2015) waktu setempat di Indonesian-American Cine Club (IACC) bertempat gedung bioskop Anthology Film Archive. Pemutaran film "Sokola Rimba" merupakan bagian dari program pemutaran film Indonesia bulanan di New York.

"Kami senang sekali karena selain WNI yang tinggal di sini, banyak penduduk setempat (New Yorkers) yang datang," ujar Emilia Chandra Ortiz, salah satu pendiri IACC dalam keterangannya, Minggu (15/2/2015).

Film yang diputar oleh IACC sebagai rangkaian program untuk melestarikan dan mempromosikan film Indonesia di Amerika, diharapkan dapat memberikan pesan untuk menjaga konservasi hutan lndonesia dari kerusakan dan menarik banyak penonton non WNI yang ada di New York.

Film ini terinspirasi dari kisah nyata pengalaman seorang guru yang juga seorang antropologis yang ingin mengubah kehidupan masyarakat di tengah hutan di pulau Sumatera dengan mengajar membaca. 'Sokola Rimba' menunjukkan kepada penonton di New York bahwa masih terdapat masyarakat yang tinggal di salah satu kawasan hutan di Indonesia dengan segala kecintaan dan kepeduliannya terhadap lingkungan serta ancaman perlindungan hutan akibat ulah para penebang hutan liar.

"Filmnya sangat menarik, ceritanya sangat menyentuh, sangat salut kepada Ibu guru Butet, saya senang sekali," ujar Maria Guran, salah satu staff PBB yang hadir.

"Sokola Rimba" adalah film kedua yang diputar oleh IACC setelah film "Tabula Rasa" pada akhir Januari kemarin.

"Kami ingin mempromosikan film Indonesia yang berkualitas ke masyarakat New York maupun WNI yang tinggal di daerah New York," jelas Amalia Suryani, salah satu penggagas IACC.

"Film yang keren sekali, saya suka ceritanya. Sangat menginspirasi dan sebenarnya saya sangat takjub dengan kualitas film 'Sokola Rimba'. Saya sangat mendukung acara ini," ujar Conali Emencier, seorang IT Engineer dari perusahaan Morgan Stanly, New York yang hadir menonton bersama istri dan dua temannya.

Film ini telah mendapatkan penghargaan sebagai film terbaik Piala Maya 2013, serta Pemeran Wanita Terbaik dan Pemeran Anak Terbaik pada Indonesian Movie Awards 2014.


Keyword: riri riza, film sokola rimba, film tabula rasa, indonesian movie awards, indonesian-american cine club




Komentar