«

Vimeo Tayangkan Dokumenter “Going Clear: Scientology and the Prison of Belief"

»

Tayangan film dokumenter "Going Clear: Scientology and the Prison of Belief" resmi dibeli hak tayangnya oleh situs video Vimeo. Film yang merupakan garapan sutradara asal Amerika, Alex Gibney bercerita mengenai paham scientology itu menampilkan bintang Hollywood, Tom Cruise dan Nicole Kidman.

Kini film ini dapat disaksikan di Vimeo On Demand mulai bulan September 2015 setelah disiarkan di saluran HBO. HBO menjadwalkan Going Clear tayang pada 16 Maret 2015. Sebelum kedua saluran itu, Going Clear juga sudah diperkenalkan terlebih dahulu di Festival Sundance bulan lalu.

Diangkat dari buku laris Lawrence Wright dengan judul yang sama pada tahun 2013. Dikisahkan tentang perjalanan spiritual delapan mantan anggota Gereja Scientology serta bagaimana gereja tersebut menarik pengikut baru termasuk para selebritis Hollywood.

Film Gibney mengungkap kontroversial dan rahasia paham Scientology, termasuk pendiri L. Ron Hubbard. Mulai dari upaya merekrut selebriti dan dugaan pelanggaran yang dilakukan oleh para pejabat gereja.

Meski dari pihak Gereja telah membantah klaim yang terdapat dalam buku maupun film. Bahkan mereka menuduh subjek wawancara dalam film dokumenter ini telah mengarang kebohongan tentang Gereja demi uang.

Memanfaatkan situasi kontroversi inilah, Vimeo memutuskan untuk menayangkannya di situsnya. " Going Clear menawarkan pandangan mendalam di balik tirai salah satu agama yang paling misterius dan kontroversial di dunia," kata Sam Toles, Wakil Direktur Vimeo bagian akuisisi konten dan pengembangan bisnis.

Dikutip dari laman Variety, Sam Toles turut menambah keunggulan dokumenter Gibney. "Film ini menyuguhkan level luar biasa, tingkat pemrograman yang berkualitas. Dokumenter ini akan diminati penonton di Vimeo On Demand".


Keyword: tom cruise, nicole kidman, alex gibney, festival sundance, going clear: scientology and the prison of be, l. ron hubbard, lawrence wright, paham scientology, sam toles, scientology, video on demand




Komentar