«

"Cita-citaku Setinggi Tanah" Menjadi Nominasi Berlinale 2015

»

Ada yang unik di Berlin International Film Festival (Berlinale) kali ini, film "Cita-citaku Setinggi Tanah" terpilih untuk diputar dan berkompetisi. Film garapan sutradara Eugene Panji ini masuk dalam seksi Generation. Total akan ada 60 judul film (25 film panjang dan 35 film pendek) dari 36 negara yang diputar di seksi ini.

"Seneng banget denger film cita-citaku setinggi tanah bisa mewakili indonesia di berlinale," tulis @eugenepanji dalam akun Twitter-nya.

Ia lalu menulis tweet lagi, "Lbh dari 1000 film panjang yg masuk. Terpilih 25 film pilihan dan salah satunya @CCSTthemovie di #Berlinale2013 . Puji Tuhan."

Jelas, masuknya film berjudul internasional "Stepping on the Flying Grass" ini menjadi prestasi lagi bagi perfilman Indonesia pada tahun ini. Apalagi pada tahun 2012, ada juga film Indonesia lainnya yang lolos seleksi dan diputar di Berlinale. Pertama, Kebun Binatang (Postcards from the Zoo) karya Edwin yang masuk seksi kompetisi utama dan world premiere di sana. Kedua, The Mirror Never Lies arahan Kamila Andini yang juga diputar di seksi Generation.

Sebagai salah satu seksi dalam Berlinale, Generation yang diadakan sejak tahun 1978 ini ditujukan untuk kalangan anak-anak dan remaja dengan terbagi jadi dua kompetisi, Generation Kplus dan Generation 14plus. Para jurinya saja terdiri dari 11 anak-anak dan tujuh remaja. Siapa pun pemenangnya nanti akan dianugerahi penghargaan Crystal Bears dan uang sebesar 7.500 euro (untuk pemenang film panjang) dan 2.500 euro (untuk pemenang film pendek).

Alasan terpilihnya Cita-citaku Setinggi Tanah masuk Berlinale, karena memiliki muatan cerita yang sesuai dengan tema yang diusung oleh festival tersebut.

Cita-citaku Setinggi Tanah memang mempunyai moral cerita yang tidak seambisius film anak-anak lain dengan tema serupa. Kisahnya, Agus ditugasi oleh gurunya untuk membuat karangan tulisan tentang cita-cita. Bukannya mematok cita-cita setinggi langit, anak dari keluarga sederhana di Muntilan, Jawa Tengah ini rupanya 'hanya' punya impian untuk bisa makan di restoran Padang.


Trailer

Keyword:



Film Terkait

Informasi Terkait


Komentar