«

Disney Serius Garap Live-Action "Mulan"

»

Setelah kesuksesan film "Cinderella", dan persiapan film "Beauty and the Beast", akhirnya Walt Disney semakin serius untuk mengarap proyek adaptasi cerita Mulan.

Elizabeth Martin dan Lauren Hynek ditunjuk sebagai penulis naskahnya. Tetap bercerita sosok ksatria wanita legendaris asal Tiongkok, Hua Mulan yang telah dibuat ke berbagai cerita.

Walaupun belum ada rincian lebih lanjut mengenai proyek Mulan versi live-action ini. Bahkan, sinopsis awalnya pun belum ditampilkan, ada kemungkinan kisahnya akan menceritakan ulang perjuangan Mulan. Chris Bender dan J.C. Spink terlibat sebagai produser proyek ini.

Film animasi yang dirilis pada 1998 silam, disutradarai oleh Tony Bancroft dan Barry Cook. Kisahnya berpusat pada seorang wanita muda bernama Mulan yang menyamar sebagai pria supaya bisa menggantikan ayahnya sebagai prajurit dan pergi ke medan perang.

Dibantu oleh seekor naga Mushu yang menjadi rekannya, Mulan menjadi prajurit terampil hingga pada akhirnya dinobatkan sebagai salah satu pahlawan terhebat di negaranya. Film ini meraih nominasi Golden Globe dan Academy Award hingga menelurkan sebuah sekuel berjudul Mulan II.

Pada 2009, sebuah film berjudul "Mulan: Rise of a Warrior" telah mendahului film "Mulan" produksi Disney, menampilkan aksi sang pahlawan wanita melalui akting dan adegan laga seru oleh aktris cantik Zhao Wei atau yang lebih dikenal Vicki Zhao.

Sebelum Cinderella, Disney sempat menggarap film live-action Alice in Wonderland pada 2010 yang menggambarkan keadaan setelah dongeng aslinya terjadi. Lalu pada 2014, mereka merilis Maleficent yang dibintangi Angelina Jolie sebagai penggambaran kisah Sleeping Beauty.

"Beauty and the Beast" yang dibintangi oleh Emma Watson dan Dan Stevens, digarap oleh Bill Condon. Rencananya film yang mengetengahkan dua insan berbeda fisik itu akan dirilis pada 17 Maret 2017. Sebelumnya pada 2016, Disney siap meluncurkan versi baru "The Jungle Book" dan sekuel "Alice in Wonderland". Bahkan, live-action kisah gajah lucu "Dumbo" pun kini tengah digarap oleh Tim Burton selaku sutradaranya.


Keyword: academy award, barry cook, cinderell, dumbo, elizabeth martin, lauren hynek, live-action movie, mulan, mulan: rise of a warrior, tony bancroft




Komentar