«

Upaya Penyatuan Pribumi-Cina Reza Rahadian di "Guru Bangsa: Tjokroaminoto"

»

Reza Rahadian tampil di trailer berdurasi 3 menit "Guru Bangsa: Tjokroaminoto" yang mampu menggugah rasa nasionalisme.

Trailer diawali dengan adegan orang-orang pribumi yang masih dijajah Belanda. Tjokroaminoto (Reza) adalah salah satu anak bangsa yang mengenyam pendidikan tinggi dan memiliki kesadaran akan pentingnya persatuan di nusantara.

"Mari kita bersama-sama melakukan perlawanan atas ketertindasan agar semua rakyat di nusantara tidak lagi dipandang sebagai seperempat manusia," kata Tjokroaminoto membakar semangat rakyat. "Ada 30 juta orang Jawa, hanya ratusan yang lulus sekolah. Kalian-kalian yang akan jadi lokomotif dari jutaan masyarakat melalui gerbong-gerbong ini menuju masyarakat yang lebih baik."

Namun usaha mempersatukan seluruh nusantara tentu tak mudah. Serangan serta ancaman untuk memecah belah kaum pribumi dilakukan VOC.

"Pemerintah Hindia-Belanda tidak menginginkan kalian bersatu," teriak Tjokroaminoto ketika menghadapi kebakaran dan kekacuan diantara etnis Tionghoa dan Jawa. "Karena kalau kaum Jawa dan Tionghoa bersatu, maka subur tanah ini."

Deva Mahendra juga tampil sebagai salah satu pemuda bangsa yang terbakar semangatnya untuk mempersatukan nusantara. Chelsea Islan juga berperan sebagai gadis cerdas yang mempertanyakan pemerintahan koloni. Sementara itu, film yang bakal tayang 9 April itu memang menceritakan perjuangan HOS. Cokroaminoto di era 1890-1920an. Film ini dibintangi sederet artis papan atas Tanah Air seperti Ibnu Jamil, Alex Abbad, Maia Estianty dan almarhum Alex Komang.


Trailer

Keyword: ibnu jamil, reza rahadian, alex abbad, chelsea islan, maia estianty, alex komang, deva mahendra




Komentar