«

Film: Anne van Jogja (2004)

»

Anne (Rachel Maryam), berayah Jawa beribu Belanda. Karena perkawinan ini, ayahnya diusir dari keluarga dan sang ayah membangun usaha perkebunan sendiri. Anne ditinggal ayahnya karena kecelakaan ketika masih kecil. Ketika berusia 10 tahun, keadaan Jogja kisruh. Sekolah Anne ditutup, dan perusahaan yang dipegang ibunya yang Belanda harus diserahkan kepada pribumi. Perkebunan itu diambil alih oleh ayah Satrio (Arie Kristanto), sahabat Anne. 

Akibat semua ini, ibu Anne meninggal, hingga Anne hidup hanya bersama pembantunya. Ia pindah ke Solo dan berusaha batik. Usaha ini berhasil. Ternyata Satrio diam-diam membantu dengan membeli batik dalam jumlah besar atau mencarikan pembeli, karena dia masih menyayangi Anne. Cintanya ini tak kesampaian karena ia telah dijodohkan orangtuanya dengan putri keraton Solo. Anne akhirnya tahu semua ini, tapi ia juga harus memendam cintanya. Ia juga tahu bahwa hidupnya tak lama lagi karena kanker paru-paru. Ia memutuskan akan memberi batik hasil karya tangannya untuk hadiah perkawinan Satrio. Di tengah sakitnya ia berhasil menyelesaikan karyanya dan mengirimkannya pada Satrio lewat pembantunya.

Jenis Film Drama
Tanggal Rilis: 2004
Negara Indonesia
Produksi PT Jatayu Cakrawala Film & Video, Panitia Tetap Film Kompetitif Budpar
Durasi 89 menit
Catatan Dibuat dalam format video digital lalu ditransfer ke film 35 mm. Film ini merupakan kelanjutan dari lomba skenario yang diadakan oleh Departemen Kebudayaan dan Pariwisata (Budpar).

Posters



Keyword: Arie Kristanto, Bobby Sandy, Drama, Harry Simon, Heru Wahyu Prasetyo, Hs Susilo Sd, Imam Soetrisno, Indonesia, Marie Vanena, Panitia Tetap Film Kompetitif Budpar,



Komentar