«

"Chappie" Geser "Focus" di Puncak Film Box Office

»

"Chappie", film robot fiksi ilmiah berhasil menggeser film "Focus" di tangga box office Amerika sebagai film terlaris pekan ini. Ditayangkan sejak 6 maret 2015 lalu, Chappie sukses kumpulkan penghasilan $13.3 Juta.

Dan untuk Indonesia (yang menayangkan filmnya lebih awal sejak 4 maret 2015) dan negara-negara lain di luar Amerika, Chappie telah menghasilkan total $27 Juta. Walaupun didanai dengan biaya pembuatan yang tak terlalu besar yakni $49 Juta, namun hasil tersebut masih terbilang sangat mengecewakan untuk Studio Sony Pictures.

Chappie tak hanya gagal di box office, tapi juga di caci-maki oleh para kritikus. Filmnya disebut memiliki ide cerita yang menarik, namun sang Sutradara sekaligus penulis naskahnya Neil Blomkamp tak mampu merangkai jalinan kisah dalam skenario dan eksekusi akhirnya yang tak sesuai harapan. Chappie jadi nampak hanya sebatas film hiburan semata ala "Robocop", dan gagal menyampaikan pesan nya tentang rasa "kemanusian" dan sindiran sosial nya tentang pendidikan serta hubungan orangtua dan anak.

Padahal Neil Blomkamp sebelumnya membuat film "District 9" yang begitu dipuji-puji dan bahkan masuk nominasi film terbaik di Oscar 2010. Chappie bersetting dimasa depan, tepatnya di Johannesburg, Afrika Selatan, robot polisi akan membantu tugas kepolisian untuk menumpas kejahatan. Sebuah robot usang, Chappie di program ulang oleh Deon (Dev Patel) agar memiliki perasaan layaknya manusia. Chappie bahkan bisa berfikir dan merasakan sesuatu.

Namun saat sekelompok penjahat mengancam Deon dan memanfaatkan Chappie untuk tindakan kejahatan, Vincent Moore (Hugh Jackman) ditugaskan untuk memburu dan memusnahkan Chappie.

Chappie, Focus, dan Kingsman yang masuk jajaran 10 film terlaris di Amerika pekan ini sudah bisa Anda saksikan di bioskop-bioskop seluruh Indonesia. Berikut daftarnya:



Keyword: district 9, neil blomkamp




Komentar