«

Deva Mahendra Menjadi Soekarno di "Guru Bangsa: Tjokroaminoto"

»

Film penuh rasa nasionalis, "Guru Bangsa: Tjokroaminoto" garapan sutradara Garin Nugroho, akan menampilkan Deva Mahendra sebagai Soekarno muda yang diakuinya tidaklah mudah.

"Menghadirkan Soekarno muda umur 19-20 tahun, sulitnya mencari referensi. Saya banyak berbicara dengan yang mengenal Soekarno," cerita Deva. "Dari baca-bacaan juga, sama sutradara juga, mas Garin, sepakat ada takarannya juga, reaksi dalam beberapa hal. Seru juga. Takutnya penonton indonesia nggak terima dengan sosok Soekarno saat itu."

Masalah referensi diakui Deva sebagai tantangan paling berat. Pasalnya dia takut tidak bisa memperlihatkan sosok Soekarno muda yang dapat diterima masyarakat.

"Tantangan yang paling berat, karena selama ini kita tidak pernah menggambarkan dan mendapatkan dokumentasi sosok Soekarno di usia 19 sampai 20 tahun itu," lanjut Deva. "Muda, lugu dan dia seorang remaja yang sangat optimis. Dirinya yakin menjadi sesuatu yang besar dan itu diyakininya. Gue radak takut juga, tapi bagaimanapun kita harus mencoba menyuguhkann sejarah."

Sementara itu, "Guru Bangsa: Tjokroaminoto" menceritakan kisah hidup HOS. Tjokroaminoto di era 1890-1920an. Film ini diperankan oleh Reza Rahadian, Ibnu Jamil, Christine Hakim, Alex Abbad, Maia Estianty dan almarhum Alex Komang. "Guru Bangsa: Tjokroaminoto" siap tayang perdana pada 9 April mendatang.


Keyword: film guru bangsa: tjokroaminoto, hos. tjokroaminoto, biografi hos. tjokroaminoto, kisah hos. tjokroaminoto




Komentar