«

Film: Mereka Bilang, Saya Monyet! (2008)

»

"Mereka Bilang, Saya Monyet!" merupakan film yang memparalelkan masa lalu tokoh utamanya dengan masa kininya, hingga masa lalu seolah jadi bagian masa kini, bukan lagi sekadar flashback.

Adjeng (Titi Sjuman), penulis cerita anak-anak yang ingin jadi penulis "betulan", menyimpan banyak luka dari masa kecilnya. Ibunya (Henidar Amroe), sosok yang mendominasi Adjeng, karena ingin agar anaknya tidak menjalani hidup seperti dirinya. Justru hal itu yang terjadi. Adjeng jadi simpanan seorang bos (Joko Anwar), sambil pacaran dengan penulis yang telah beristri, Asmoro (Ray Sahetapy). Si bos dimanfaatkan sebagai penunjang biaya hidupnya, sedang Asmoro dijadikan mentor dalam mengembangkan kepenulisannya.

Tumbuh dengan luka masa lalu, Adjeng seolah memiliki kepribadian ganda: anak manis di depan ibu, liar di belakangnya. Menulis menjadi terapi baginya. Perlahan-lahan ia menemukan dirinya, tapi hal ini membuat hubungan dengan orang-orang dekatnya berantakan.

Produser Riyadh Assegaf, Djenar Maesa Ayu
Sutradara Djenar Maesa Ayu
Penulis Djenar Maesa Ayu, Indra Herlambang
Pemain Titi Handayani Sjuman, Henidar Amroe, Joko Anwar, Ray Sahetapy, Bucek Depp" href="https://layarfilm.com/name/1377/bucek-depp">Bucek Depp, Jajang C Noer, August Melasz, Banyu Bening, Nadya Rompies" href="https://layarfilm.com/name/12780/nadya-rompies">Nadya Rompies, Arswendo Atmowiloto, Ayu Dewi, Fairuz Faisal, Indra Herlambang, Mario Lawalatta
Jenis Film Drama
Tanggal Rilis: 03 January 2008
Negara Indonesia
Produksi Intimasi Production
Durasi 82 menit
Catatan Film pertama Djenar Maesa Ayu. Skenario disusun berdasar dua cerita pendeknya: "Lintah" dan "Melukis Jendela". Dibuat dan ditayangkan di bioskop dalam format digital.

Posters



Keyword: Arswendo Atmowiloto, August Melasz, Ayu Dewi, Banyu Bening, Bucek Depp, Djenar Maesa Ayu, Drama, Fairuz Faisal, Henidar Amroe, Indonesia, Indra Herlamb




Komentar