«

Sutradara "Birdman", Alejandro Gonzalez Menang Guild Awards

»

Alejandro Gonzalez Inarritu kini menjadi unggulan dalam ajang Academy Awards 2015 pada 22 Februari mendatang. Sutradara 'Birdman' itu baru saja dinobatkan sebagai yang terbaik di Directors Guild Awards (DGA) 2015 untuk kategori feature film.

Alejandro mengalahkan para pesaingnya yang juga akan berkompetisi di Oscar. Mereka adalah Clint Eastwood ("American Sniper"), Richard Linklater ("Boyhood"), Morten Tyldum ("The Imitation Game"), dan Wes Anderson ("The Grand Budapest Hotel").

"Jika ini dipertimbangkan sebagai film yang bagus, ini tak ada hubungannya denganku, ini sebuah keajaiban," kata Alejandro mencoba rendah hati.

Sutradara Meksiko yang masuk nominasi Oscar lewat film 'Babel' itu mengaku tak menyangka bisa berdiri di panggung sebagai pemenang. Dalam 11 tahun sejarah Directors Guild Awards, para pemenang di kategori feature film hampir selalu menyabet Oscar di kategori Best Director, kecuali untuk Ben Affleck pada 2013.

Ben bahkan tak mendapatkan nominasi Academy Awards meskipun filmnya terpilih sebagai Best Picture. Jika Ajendro meraih Oscar tahun ini, maka ia akan mengikuti jejak sutradara Mexico lainnya Alfonso Cuaron yang menang lewat film 'Gravity' tahun lalu.

Beberapa sutradara wanita juga berjaya di DGA tahun ini. Laura Poitras memenangkan penghargaan untuk kategori dokumenter lewat film 'Citizenfour' yang bercerita tentang whistle blower di National Security Agency, Edward Snowden. Sementara Lesli Linka Glatter membawa pulang piala untuk kategori Best Director in TV Drama lewat 'Homeland', diikuti Lisa Cholodenko yang berjaya di kategori Movie/Miniseries untuk film HBO 'Olive Kitteridge.'

Directors Guild Awards yang digelar akhir pekan lalu Hyatt Regency Century Plaza, Los Angeles itu menampilkan Pierce Brosnan, Bradley Cooper, Jodie Foster, Bill Murray, Steven Spielberg, dan Barbra Streisand sebagai presenter.


Keyword: ben affleck, steven spielberg, clint eastwood, piala oscar, morten tyldum, richard linklater, alejandro gonzalez, babel, barbra streisand, bill murray, citizenfour, film babel, film birdman, guild awards,



Komentar